cara menyembunyikan drive di PC/laptop


sering kali ada orang dengan tangan-tangan yang jahil sering mengambil apapun yang ada didalam drive pc atau laptop kita tanpa izin. apalagi kalo dia sembarang copas software dan file penting yang kita punya, kan jadi ngeselin ..
gimana kalo kita sembunyikan saja drivenya atau kita hide.

ada banyak cara sich , tapi saya akan share 3 cara yang paling mudah untuk menghide atau menyembunyikan drive anda supaya gak kena sama tangan-tangan jail dan iseng suka copas sembarangan. maka dari itu mari kita simak saja bagaimana caranya ..
supaya drive kita aman dan sentausa ... hahaha

Cara pertama yaitu menggunakan perintah diskpart, dan cara kedua dengan menggunakan gpedit (group policy editor), yang pasti keduanya sama-sama mudah dilakukan.

Cara Pertama yaitu dengan menggunakan perintah diskpart :

1. Klik Start > Run > ketik cmd > klik OK

2. ketik "diskpart" > tekan enter

3. ketik "list volume" > tekan enter (untuk melihat list drive yang ada di komputer)
Tentukan Drive yang akan disembunyikan, misalnya disini kita akan menyembunyikan drive E

4. ketik "select volume 3" > tekan Enter

5. ketik "remove letter E" > tekan Enter

6. ketik Exit untuk keluar dari diskpart.

(untuk melihat hasilnya cek di my computer, pada beberapa kasus komputer harus direstart dahulu baru cara ini bisa berfungsi).

Untuk Mengembalikan atau menampilkan kembali drive yang disembunyikan, lakukan hal yang sama dari langkah 1 sampai 4
Pada langkah 5 perintahnya diubah menjadi :

7. ketik assign letter E


Cara kedua yaitu dengan menggunakan perintah gpedit (group policy editor) :

1. Klik Start > Run > ketik "gpedit.msc" > klik OK

2. Klik dua kali "User Configuration" > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer > kemudian pilih "Hide these specified drives in my computer" di jendela sebelah kanan

3. Pada Jendela Hide specified drives in My Computer : pilih "enable", kemudian tentukan drive yang akan disembunyikan/hide atau juga di restrict

4. Misalnya disini yang akan disembunyikan adalah drive E, maka pilih "Restrict E drive only", kemudian klik Apply > OK
Cek di My Computer untuk melihat hasilnya.

5. Untuk menampilkan kembali, lakukan urutan langkah yang sama, kemudian pada Jendela Hide specified drives in My Computer pilih opsi "Not Configured" > klik Apply > OK


dan cara yang ketiga iyalah menggunakan fungsi dari REGEDIT

1. Caranya adalah klik menu start > run > ketikkan "regedit" atau "regedt32" (tanda petig nya gak sudah ngikut diketik)

2. Untuk menyembunyikan drive, Anda harus menuju "Key Path" : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer.

3. Buatlah sebuah value Key dengan cara klik kanan pada layer sebelah kanan, maka muncul NEW, akan ada berbagai macam Value Type, pilih type "DWORD Value". Beri nama value tersebut dengan nama "nodrives" (tanda petiknya jangan diketik juga). Setelah itu, tekan enter. Value baru berhasil dibuat.

4. Value data bisa Anda isi dengan salah satu angka berikut ini :

A: 1, B: 2, C: 4, D: 8, E: 16, F: 32, G: 64, H: 128, I: 256, J: 512, K: 1024, L: 2048, M: 4096, N: 8192, O: 16384, P: 32768, Q: 65536, R: 131072, S: 262144, T: 524288, U: 1048576, V: 2097152, W: 4194304, X: 8388608, Y: 16777216, Z: 33554432, ALL: 67108863

NB : huruf-huruf tersebut merupakan Drive Letters dan untuk ALL adalah jika Anda ingin menyembunyikan semua drive pada computer Anda. Dan perlu diingat bahwa angka yang Anda masukkan harus pada base "heksadesimal" bukan base "decimal". Sebagai contoh, saya ingin menyembunyikan drive C:\ pada computer saya, maka saya memasukkan value data:4.

5. Kalau sudah, tekan tombol "OK".

6. Setelah semua proses ini Anda selesaikan, maka Anda harus merestart computer Anda atau me-log off terlebih dahulu untuk bisa melihat hasil dari editan Anda.

7. Jika Anda berhasil dan sukses dalam tweaking yang anda lakukan kali ini maka drive C:\ (atau yang Anda sembunyikan) tidak akan nampak pada Windows Explorer Anda.

mudah bukan ...

dan yang pasti semoga bermanfaat ...

terima kasih ... :-)

0 komentar: