perbedaan google pagerank dengan alexa pagerank


salah hidup semuanya ... :-)


Perbedaan Alexa rank dan Page rank
Bila berbicara tentang Alexa rank dan Page Rank ini ternyata antara yang satu dengan lainnya memang memiliki perbedaan yang terkadang mungkin tidak kita ketahui , walaupun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penilai akan kepopularitasan sebuah blog atau sebuah situs. Lalu, apa saja perbedaan antara google pagerank dengan alexa traffic rank itu?


  1. Faktor perhitungan nilai.
    Jika google pagerank diperhitungkan berdasarkan banyak sedikitnya link yang mengarah pada sebuah blog dalam pencarian di google, maka alexa traffic rank diperhitungkan berdasarkan jumlah kunjungan ke dalam blog tersebut.
  2. Faktor sistem pemeringkatan.
    Pagerank dibuat dan diperhitungkan dengan sistem algoritma oleh google.com. Sedangkan alexa rank dihitung atau dikalkulasikan nilainya oleh alexa.com.
  3. Periode jadwal update nilai ranking.
    Pada dasarnya alexa traffic rank lebih sering mengupdate ranking dari pada google pagerank. Jika alexa cenderung mengupdate setiap hari mengikuti peningkatan jumlah kunjungan pada sebuah blog, maka google pagerank belum diketahui secara pasti kapan periode update yang dilakukannya. Ada yang menyatakan pagerank ini update setiap tiga bulan sekali. Akan tetapi, untuk kepastian jadwal updatenya sendiri belum bisa diketahui.
  4. Faktor angka penilaian ranking.
    Dalam google pagerank, popularitas sebuah blog ditentukan melalui nilai pagerank antara 0-10. Semakin besar nilainya, maka popularitas blog tersebut akan semakin bagus. Hal ini berbeda dengan alexa rank. Metode penilaian ranking alexa rank antara 1-sekian juta tergantung jumlah situs dan blog yang ada di dunia internet. Semakin kecil nilai traffic ranknya, maka blog tersebut akan memiliki kualitas yang bagus.
Mungkin hanya itu yang bisa saya share di kesempatan kali ini , yang jelas Alexa pagerank sama pentingnya terutama buat kawan yang berkecimpung di dunia Bisnis online periklanan karena ada beberapa situs iklan yang mensyaratkan situs/blog yang akan menerbitkan iklan dari situs mereka harus memiliki ranking yang bagus dari keduanya.

semoga bermanfaat ...

terima kasih ... :-)

1 komentar: